Thursday, December 1, 2011

Persiraja Menang Tipis Atas Persebaya (2-1)


Banda Aceh - Tuan rumah Persiraja memetik kemenangan pertama saat menjamu Persebaya di Stadion Harapan Bangsa, Banda Aceh, Kamis (1/12). Salutnya, tim asuhan Herry Kiswanto itu mampu mempertahankan keunggulan 2-1 meski sejak menit 48 harus main dengan 10 orang. Yudi Khairudin, defender tuan rumah, diganjar kartu kuning kedua setelah melanggar Feri Irawan dari belakang.

Nyatanya, meski terus-terusan digempur lawan namun Persiraja mampu melindungi gawang Yudha Andika hingga hanya kebobolan satu gol. Dalam laga yang ditayangkan langsung Global TV itu Persebaya unggul dulu lewat M Taufiq di menit 9. Pada menit 20 Diallo Abdollaye Djibril menyamakan kedudukan dengan sundulan kepala, meneruskan sepak pojok salah satu rekannya. 


Heading pemain asal Guinea itu gagal diantisipasi kiper Persebaya, Dedi Iman.
Abdul Musawir menjadi penentu kemenangan Persiraja lewat golnya di menit 36. Ini merupakan gol ketiga Musawir setelah dua gol yang diborongnya dalam laga melawan Persija Jakarta, Minggu (27/11) lalu. Seperti yang dijanjikan Herry Kiswanto, pemain tuan rumah tampil impresif dan terus berjuang hingga menit akhir. Abdul Musawir dan kawan-kawan tak terpengaruh dengan nama besar Persebaya yang punya sejarah panjang di era perserikatan.

Sebaliknya, tanpa empat pemain asingnya kekuatan Persebaya banyak berkurang. Otavio Dutra, Amaral, Mario Karlovic, serta Andrew Barisic tidak bisa main lantaran ITC (International Transfer Certificate) mereka belum kelar. Tanpa Barisic, lini depan Persebaya yang diisi Arif Ariyanto dan Feri Irawan tampak kurang gereget.

Karena itu pada menit 50 Divaldo Alves memasukkan Miko Ardianto untuk menggantikan Eddy Gunawan. Sejak itu serangan Persebaya lebih menggigit. Tapi strategi Pesiraja menumpuk pemain di depan gawang membuat tim tamu gagal mencetak gol tambahan. Feri Ariawan memang sempat membuat peluang emas di menit 37, namun tendangan kerasnya berhasil ditip kiper Persiraja.

Herry Kiswanto usai pertandingan mengatakan, di dua pertandingan awal LPI itu para pemainnya masih terbebani. Namun pelan-pelan mereka mampu main lepas dan berani melayani permainan cepat lawan. "Kebetulan saya sedikit mengerti dengan permainan Persebaya karena ada tiga mantan anak didik saya di sana," tutur Herry.

Sedangkan Divaldo Alves, pelatih Persebaya, mengakui hari ini lawan tampil bagus. Apalagi Persiraja bisa menurunkan satu pemain asingnya, Diallo Abdollaye Djibril. Meski kalah Divaldo tetap bangga dengan perjuangan yang ditunjukkan Erol Iba dan kawan-kawan. "Kita hanya punya tiga pemain cadangan, sementara empat pemain asing belum bisa main. Kita masih cari solusi terbaik, termasuk membenahi mental pemain," tutur pelatih asal Portugal itu.

Susunan Pemain

Persiraja: Yudha Andika (G), Yudi Khairudin, Yusrizal, Andrea, Diallo Abdollaye 
Djibril, Gilang Angga, Defri Rizki (Mukhlis Nakata 38'), Erik Saputra, Fahrizal Dillah (M Nasir 75'), Syakir Sulaiman, Abdul Musawir (C). Pelatih: Herry Kiswanto

Persebaya: Dedi Iman, Mat Halil, Jefri Prasetyo, Khomad Suharto, Erol Iba (C), Jusmadi, Taufiq, Rendi Irawan, Eddy Gunawan (Miko Ardianto 50'), Arif Ariyanto, Feri Irawan. Pelatih Divaldo Alves

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More